UPACARA PERINGATAN HUT SATPOL PP KE 68 SATLINMAS KE 56 DAN DAMKAR KE 99 KABUPATEN MADIUN

Home / Tak Berkategori / UPACARA PERINGATAN HUT SATPOL PP KE 68 SATLINMAS KE 56 DAN DAMKAR KE 99 KABUPATEN MADIUN

Bertempat di Halaman Pendopo Ronggo Djuemeno Kabupaten Madiun telah di laksanakan Upacara HUT Satuan Polisi Pamong Praja Ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-56 dan Pemadam Kebakaran Ke-99 sekaligus Apel Gelar Pasukan Linmas dalam rangka Persiapan Pengamanan Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Madiun, Selasa (08/05/2018).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Madiun H.Muhtarom S.Sos bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Heri Kurniawan S.STP, M.Si Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kab Madiun.

Hadir dalam Upacara tersebut antara lain Wakil Bupati Madiun, Ketua DPRD Kab Madiun, Forkopimda Kab Madiun, Sekretaris Daerah Kab Madiun, Asisten Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Dinas, Kantor, Bagian Se Kabupaten Madiun,Direktur BUMD, Direktur Rumah Sakit, dan Camat se Kab Madiun.

Bupati Madiun dalam pidatonya membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri pada Apel Siaga Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke 68 dan Satlinmas ke 56 yang isinya antara lain ” Tahun 2018, adalah tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar yakni pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan. Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting di tahun politik. Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan” “Maka tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP ke 68 dan juga Satlinmas ke 56 kali ini adalah Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada serentak 2018,” Tema ini jelas Bupati Madiun mengandung arti, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu dia meminta, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya. “Sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok satlinmas antara lain, membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” Lanjutnya

Tugas pokok lainnya, kata dia, ikut membantu dalam kontek tugas sosial. Tentu, di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat. beliau pun meminta, agar dari sekarang, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi. “Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini,” tambahnya

Dalam Upacara Kali ini juga di serahkan Piagam dan Piala Lomba Defile Satpol PP Tingkat Propinsi Jawa Timur, Bupati menyampaikan “selamat kepada Satpol PP Kabupaten Madiun atas diraihnya Juara Satu Se Jawa Timur pada Lomba Defile/ PBB dala Upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas Se Propinsi Jawa Timur di Kabupaten Gresik Kemarin, semoga menjadi cambuk ke depan untuk lebih baik dan meningkatkan kinerjanya” Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan syukuran di Pendopo Ronggo Djumeno yang di ikuti oleh Forkopimda dan Undangan.