Bupati Madiun Cek Ruang Isolasi RSUD Dolopo

Bersama Forkopimda Kabupaten Madiun dan Kepala RSUD Soedono, Bupati Madiun mengecek ruang isolasi sementara milik RSUD Dolopo, Jumat (20/3). Pengecekan ini dalam rangka kesiapsiagaan Pemerintah Kabupaten Madiun jika saja sewaktu-waktu ditemukan ada masyarakat yang terindikasi Virus Corona/Covid19.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, menjelaskan bahwa Pemkab Madiun bersama RSUD Soedono berjaga-jaga dengan menyiapkan RSUD Dolopo dan Caruban sebagai alternatif apabila RSUD Soedono tidak dapat menampung pasien yang dinyatakan positif Virus Corona. Namun manajemennya tetap berasal dari RSUD Soedono, sehingga Kepala RSUD Soedono turut menemani untuk melihat kesiapan ruangan tersebut.

Ruang isolasi juga disiapkan di 26 Puskesmas di Kabupaten Madiun, sehingga tugas puskesmas hanya melakukan deteksi dini. Apabila mengarah kepada suspek dirujuk ke RSUD Dolopo atau Caruban, kemudian perawat melakukan penanganan lebih lanjut. Jika terindikasi kuat terjangkit virus corona, maka yang berhak merujuk ke RSUD Soedono adalah RSUD Caruban dan Dolopegitu tiba di RSUD Dolopo, Bupati bersama pejabat Forkopimda langsung menuju ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dengan mengenakan baju seragam BPBD, Bupati yang didampingi direktur RSUD Soedono terlihat penuh seksama mengecek satu-persatu peralatan kesehatan dan ruang isolasi di RSUD Dolopo yang selalu steril. (don – nang – ols/foto:hari)