DEKLARASI SURO DAMAI tahun 2019

14 perguruan silat berkumpul dilapangan Tribrata Polres Madiun untuk melaksanakan Deklarasi Damai Suro 2019, Jum’at 30/8/2019. Sekitar 1.200 orang┬ádari perguruan silat tersebut hadir untuk berikrar dan bersumpah menjaga kedamaian selama Bulan Suro atau Muharam. Itu dilakukan untuk menghilangkan stigma mencekam saat Bulan Suro di Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun mengatakan, bahwa dalam peringatan bulan suro, dengan mendeklarasikan kedamai ini sesuai dengan komitmen Madiun Kampung Pesilat, yakni merajut kebersamaan dan menebar perdamaian. Jika komitmen ini berjalan, insyallah ditahun 2020 bisa diadakan acara suro dengan mengedepankan kirab budaya. Jadi masyarakat tidak ada lagi ketakutan tapi justru menunggu datangnya bulan suro.

Sementara itu, kapolres madiun sebagai tuan rumah menyampaikan bahwa Jajaran Pemerintah, TNI dan Polri siap melaksanakan pengamanan suro ditahun 2019. ada 950 anggota gabunhgan dari Tni/Polri mengamankan dan menempatkan semua personil disemua pintu masuk dari ngawi sampai ponorogo untuk mengakomodir agar tertib. Masyarakat yang datang mengunakan bak terbuka dan memakai sepeda motor kita himbau agar kembali bersama teman-teman supaya aman, nantinya kita kawal dari kecamatan sampai kelokasi sesuai dengan zona dan waktunya.