PERESMIAN GALERI DEKRANASDA KABUPATEN MADIUN

Kehadiran Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Dardak, Kamis malam (18/7/2019) menjadi kado spesial di Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-451. Istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dan Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati Ahmad Dwami berkenan meresmikan Galeri Dekranasda Kabupaten Madiun di Kantor Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro.

Peresmian galeri Dekranasda disambut baik oleh ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur tersebut, menurutnya, potensi produk-produk kerajinan Kab. Madiun sangat luar biasa dan variatif. Mulai dari makanan, furniture, tekstil, batik, dan kerajinan tas, serta lainnya.

Beliau berpesan kepada Kepala Disperindag dan Usaha Mikro, serta Ketua Dekranasda Kab. Madiun untuk terus membimbing, membina, dan mengawal para pengrajin agar terus bersemangat menciptakan produk serta karya yang berdasarkan kearifan lokal ini.

“Mereka ujung tombak dari penerus kebudayaan kita, sebab tanpa adanya pengrajin yang masih mau membuat batik ini, ngapunten (mohon maaf, Red), bisa-bisa nanti semua komoditas itu dikuasai oleh asing. Sebab, kita bisa melihat di toko-toko bahan, banyak yang berasal dari luar negeri,” lanjutnya.

Menurutnya, banyaknya produk luar negeri tersebut karena dari orang asing bisa menangkap potensi dan menghargai kearifan lokal. Hal ini harus menjadi perhatian seluruh pihak, agar jangan sampai kecolongan. Jadi jangan sampai hal-hal tersebut dikuasai oleh orang lain kita harus jadi raja di negeri kita sendiri, itu intinya,” tegas Ketua Dekranasda Prov Jatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *