Workshop minat baca tahun 2019

“Wujudkan Mimpi Mu dengan Buku” tema dalam Workshop minat baca tahun 2019 di Pendopo Muda Graha, Kamis, 28/11/2019

Acara Workshop minat baca ini bermaksud untuk menumbuh kembangkan minat baca pada anak dan kecintaan terhadap buku melalui budaya mendongeng. Sehingga dengan budaya mendongeng ini dapat meningkatkan minat baca kepada anak.

Wakil Bupati yang hadir paa acara menyampaikan,  bahwa membaca sangat penting dalam kehidupan kita, membaca adalah sebuah kebutuhan bagi kita semua, bukan hanya sebagai kewajiban. Karena ini menyangkut nasib anak-anak dalam menampaki masa depan. Sehingga mental membaca perlu terus ditumbuhkan.

Kabupaten mempunyai solusi dalam menangani permasalahan minat baca, yang pertama adalah peran lembaga pendidikan. Menyediakan buku yang menarik melalui dana BOS dan DAK, memberirkan kemudahan anak mendapatkan buku, memberikan kesempatan untuk membaca bebas dan menanamkan kesadaran akan pentingnya membaca. Yang kedua menciptakan suasana rumah yang akrab dengan buku, tumbuhkan budaya mendongeng dan ada pengaturan penggunaan HP dan TV. Yang ketiga peran masyarakat, yakni dengan mendirikan perustakaan desa. Dengan adanya ADD yang besarnya 20% ini, bisa digunakan untuk membuat perpustakaan desa dan membentuk literasi yang sudah ada seperti GPAN. Dan yang terakhir adalah peran Pemerintah Daerah Sendiri. Pemda selalu menyediakan buku yang bermutu dan Pemkab Madiun sendiri setiap kegiatan BST pasti menyediakan Mobil Perpustakaan Kelilingan yang nantinya ditempatkan disekolah desa yang bertepatan BST. Selain itu Pemda juga selalu mengkampanyekan munat baca, diantara melalui Bunda Baca dan Duta Baca.

Bunda Baca dan Duta Baca memiliki peran yang sangat penting, ini dimaksud agar bisa menjadi “role model” dan menjadi inspirasi seluruh keluarga dan masyarakat untuk mencintai buku dan membaca,.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *