Bupati Madiun Ikuti Rakornas bersama Presiden

 

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana tahun 2023 di Jiexpo Jakarta, Kamis (2/3/2023). Rakornas tersebut turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri, panglima, Kepala Basarnas. Gubernur dan Bupati/walikota se-Indonesia, pejabat TNI/ Polri serta BPBD provinsi dan BPBD Kab/Kota se-Indonesia. Rakornas yang bertema ‘Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana’ ini juga memamerkan industri kebencanaan tingkat Asia dan Global Forum for Sustainable Resilience (GFSR).

Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan pentingnya identifikasi potensi bencana di setiap daerah. Dia mengatakan BPBD harus didukung dengan anggaran yang cukup jika terjadi bencana. Presiden menekankan, tahap prabencana sangat penting untuk memitigasi resiko serta meminimalisir korban dan kerugian akibat bencana.”Kita ini masih sering di tahap tanggap darurat waktu terjadi bencana. Padahal pra bencana itu jauh lebih penting”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Madiun ditemui seusai acara menyampaikan bahwa mitigasi bencana sudah dipetakan. “Di setiap saya memberikan sambutan, saya sering mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu bergotong royong, kerja bakti membersihkan lingkungan, dan menjaga kelestarian lingkungannya masing-masing, Jangan hanya gotong royong/kerja bakti saat setelah terjadinya bencana”, jelas Bupati.

Presiden juga meminta agar jajaran terkait memperhatikan peta kerawanan bencana dalam memberikan izin pendirian bangunan.