Pererat Kemitraan, PJ Bupati Madiun Gelar Pertemuan dengan Wartawan

Dalam rangka pengelolaan informasi publik dan mempererat kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan insan pers, Penjabat (Pj) Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, didampingi Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Madiun, Sodik Hery Purnomo yang difasilitasi Dinas Kominfo mengadakan pertemuan di Pendopo Mudagraha Kabupaten Madiun, Kamis (19/10/2023).

Tontro menyadari pentingnya wartawan sebagai mitra untuk mempublikasikan semua program kegiatan Pemerintah Kabupaten Madiun melalui masing-masing OPD agar diketahui kalayak ramai.
“Apa yang dilakukan setiap OPD harus tersiarkan kepada publil. Tidak cukup melalui Dinas Kominfo sebagai ujung tombak dari media informasi, maupun dari teman-teman Prokopim dan bagian umum untuk menyiarkan jalannya roda pemerintahan Kabupaten Madiun. Karena wartawan merupakan jembatan informasi kepada masyarakat,” jelasnya saat memberikan sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Tontro menyampaikan langkah-langkah yang akan dilakukan pemerintah dihadapan wartawan. Pertama, terkait program yang dijalankan masing-masing OPD dalam konteks urusannya sendiri-sendiri harus terinformasikan kepada publik, kemudian dalam kepentingan Pemda dilakukan oleh Diskominfo. “Kami berharap kedepan semuanya bisa berinteraksi dengan pemerintah daerah untuk menyampaikan pesan dan informasi yang perlu diberitahukan oleh masyarakat. Nanti secara periodik kita lakukan pertamuan dengan wartawan. Hal ini yang perlu saya hidupkan kembali, dan saya berharap teman-teman (wartawan) dapat mengikuti agenda-agenda kami,” harapnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pendidikan maupun Ketua PWI ini juga dilakukan sesi tanya jawab. Seperti Uji Kompetensi wartawan dan adanya saran agar Perusahaan media bisa masuk di e-katalog. Terkait hal itu, Pj. Bupati Madiun akan berusaha menfasilitasi sesuai dengan kemampuan daerah, mengenai e-katalog, mantan Sekda Kabupaten Madiun ini menyambut baik, namun tentunya teman-teman wartawan juga harus memenuhi persyaratannya.