Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Liran Sungai (DAS)

Bertempat lapangan Gunung Kendil Desa Pilangrejo Kec. Wungu terlaksana upacara Gerakan Nasional Pemulihan DAS tahun 2019, selasa 26/11/2019.

Upacara yang di ikuti oleh masyarakat desa pilangrejo, Kelompok tani hutan, lembaga masyarakat desa hutan, organisasi penggiat lingkungan, anggota TNI dan Polri serta para pelajar dari kabupaten madiun

Dengan tema “Pulihkan Lahan, Membangun Masa Depan” Dinas Kehutanan Prov Jatim dan Pemkab Madiun bersama-sama melakukan gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai (DAS) khususnya wilayah kabupaten madiun.

Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto hadir sebagai inspektur upacara dan mambacakan sambutan Bupati Madiun. Pada sambutan Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk mengembalikan fungsi lahan sesuai peruntukannya dan menjaga kesuburan serta kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon yang produktif akan menjadi awal membangun kesejahteraan masyarakat, disamping itu kegiatan ini sebagai langkah strategis dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degridasi hutan, keruskan lingkungan dan kelestarian lingkungan serta memberikan kesadaran masyarakat pentingnya menanam dan memilihara pohon sebagai sumber kehidupan.

Selain itu, bupati berpesan kepada seluruh camat dan kepala desa beserta komponen masyarakat, untuk memperkuat kelembagaan yang pedulu terhadap kelestarian ekosistem hutan antara lain kelompok tani hutan dan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH). Sehingga kelestarian ekosistem hutan dapat dirasakan masyarakat sebagai pengukit pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

Pada selesainya upacara, dilaksanakan penanaman bibit pohon secara simbolis oleh wakil bupati madiun di ikuti tamu undangan yang lain, selain itu BPDASHL Solo membagikan bibit pohon produktif  sebanyak 5600 batang kepada peserta upacara yang nantinya agar dapat ditanam dipekarangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *