Panglima TNI Hadiri Puncak Karya Bhakti Skala Besar di Kampung Halamannya

 

“Dadi wong deso ojo ngresulo, wong deso yo biso (Jadi orang desa itu jangan mengeluh, jadi orang desa itu juga bisa atau sukses)”, begitulah kira-kira ungkapan hati Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam puncak Karya Bhakti Skala Besar Mabes TNI Tahun 2023 di Alun-alun Reksogati, Caruban, Sabtu (11/3/2023).

Karya Bakti Skala Besar program Mabes TNI yang dipusatkan di Kabupaten Madiun ini, menyasar sejumlah perbaikan infrastruktur dan layanan kesehatan warga setempat. Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari, mulai 15 Februari hingga 18 Maret 2023. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian dan dharma bakti TNI dalam membantu menangani kondisi sosial dan kemanusiaan yang manfaatnya dapat dinikmati masyarakat, dalam hal ini warga Kabupaten Madiun.

Karya Bakti Skala Besar 2023 yang dilaksanakan tersebut, adalah bentuk sinergi antara TNI, pemerintah dengan masyarakat. Harapannya semua komponen bangsa bersatu dan kompak membangun NKRI. “Suatu kebanggaan da¬† kegembiraan bagi saya bisa kembali menyapa masyarakat Kabupaten Madiun. Saya ingat tempat saya dulu yakni Desa Garon terkenal sebagai daerah banjir, bahkan kita pernah mengungsi akibat banjir,” ujar Yudo Margono.

Sementara itu, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, mengaku sangat bangga dan senang akan adanya Panglima TNI yang asli kelahiran Kabupaten Madiun. Kaji Mbing, saapan akrabnya, menyampaikan selalu menjadikan Panglima Yudo Margono sebagai motivasi untuk anak-anak di Kabupaten Madiun agar mempunyai cita-cita yang tinggi. “Yang paling membuat saya gembira, saya sering keliling ke sekolah, dengan diangkatnya Pak Yudo membuat anak anak semakin semangat dengan meraih cita-citanya yang semakin tinggi,” ucap Kaji Mbing.

Dirinya juga berharap dengan adanya kegiatan Karya Bakti Skala Besar tersebut menjadikan Kabupaten Madiun semakin cepat berkembang. Dirinya berterima kasih dengan adanya kegiatan tersebut sehingga infrastruktur di Kabupaten Madiun dapat dibangun mengingat adanya pembangunan yang tidak mampu tercover.

Puncak kegiatan tersebut diwarnai dengan berbagai kegiatan sehingga menarik animo masyarakat yang tinggi di Alun-alun Reksogati Caruban. Seperti penampilan Drumband dari Akademi Angkatan Laut, Reog Ponorogo, hingga Terjun Payung oleh Tiga Matra TNI. Dalam kesempatan tersebut juga diadakan pengobatan gratis katarak, pengobatan Thalasemia atau kelainan darah bawaan, dan vaksinasi serentak yang berlangsung di Pendopo Ronggo Djumeno.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pangdam V Brawijaya, Wakil Gubernur Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Madiun dan sekitarnya, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Pimpinan Bank BNI, Pimpinan Bank Jatim, Perhimpunan Indonesia Tionghoa, Direktur PT Arwana Keramik, dan Direktur PT Pupuk Indonesia.