45 Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Dilantik, Bupati: Perkuat Mitigasi Untuk Halau Intervensi Pihak Luar!

 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun melantik 45 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk pemilu tahun 2024 Kabupaten Madiun di Pendopo Muda Graha, Kamis (27/10).  Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, dan Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, bersama Forkopimda Kabupaten Madiun turut menyaksikan proses pelantikan tersebut dengan khitmad. Turut hadir pula Camat dan Muspika se-Kecamatan Kabupaten Madiun.

 

Bupati Madiun dalam sambutannya menekankan profesionalitas kinerja para anggota Panwaslu. “Sebagai pengawasan di lini bawah sangat berat. Tidak hanya mengawal suksesnya pemilu, tidak hanya mengawasi sisi aparatur, tetapi juga mengawasi masyarakat secara keseluruhan”, tuturnya. Pihaknya menekankan perkuatan mitigasi untuk menghalau intervensi dari pihak tertentu. Menjalankan tugas sesuai dengan regulasi dengan mengedepankan profesionalitas, akuntabilitas, integritas dan kapabilitas menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan tugas sebagai Panwascam. “Kerawanan intervensi harus dikuatkan dengan mitigasi melalui pendidikan politik yang harus dilakukan menjelang tahun politik agar ada pemahaman yang sama,” imbuhnya.

 

Sementara itu Ketua Banwaslu Kabupaten Madiun, Nur Anwar, menjelaskan bahwa sebanyak 45 Panwascam terpilih sudah melalui proses panjang mulai penelitian administrasi, tes tulis, dan tes wawancara hingga tahap pelantikan. Anwar menekankan agar mereka tetap menjaga netralitas, integritas, dan soliditas lembaga dan merawat kondusifitas eksternal, koordinasi dengan pemangku kekuasaan di wilayah masing-masing.